Minggu, 07 Juni 2015

Ethical Implication of Information Technology

MORAL, ETIKA DAN HUKUM
Dalam kita menjalani kegiatan sehari-hari kita, kita dibimbing oleh banyak pengaruh. Sebagaimana warga negara sosial yang adil, kita ingin melakukan yang secara moral benar, penuh etika dan mematuhi peraturan.
Moral
Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai apa yang benar dan juga yang salah. Moral adalah salah satu institusi sosial dengan penuh sejarah dan juga daftar peraturan. 
Etika
Perilaku kita juga dibimbing oleh etika. Kata etika diambil dari kata Yunani yaitu ethos yang berarti karakter. Etika adalah sebuah koleksi kepercayaan yang membimbin, standar atau ideal-ideal yang membimbing individual atau kelompok. 
Hukum
Hukum adalah aturan formal yang institusi negara paksakan kepada warga negaranya. Selama kurang lebih 10 tahun pertama adanya komputer, tidak ada hukum yang berhubungan dengan komputer dikarenakan komputer merupakan inovasi baru dan sistem legal juga perlu dibangun.


ALASAN PENTINGNYA ETIKA KOMPUTER
James Moor mengidentifikasi tiga alasan utama untuk masyarakat kelas atas yang memiliki ketertarikan dalam etika komputer: Kelenturan logis, faktor transformasi, dan faktor yang terlihat.

Kelenturan logis
Moor mengartikan kemampuan untuk program komputer melakukan apa pun yang Anda ingin lakukan. Komputer melakukan persis seperti apa yang diperintahkan oleh programmer, dan ini bisa menjadi suatu pemikiran yang menakutkan. Namun, ketika komputer yang digunakan untuk aktivitas tidak etis, bukanlah komputer yang menjadi pelakunya. Sebaliknya, itu adalah orang atau orang-orang di belakang komputer yang bersalah. Jadi, alih-alih takut bahwa komputer kadang-kadang digunakan dalam cara yang tidak etis, masyarakat harus takut dengan orang-orang yang mengarahkan komputer.
Faktor transformasi 
Alasan keprihatinan atas etika komputer adalah kenyataan yang didasarkan bahwa komputer secara drastis dapat mengubah cara kita melakukan hal-hal. Sebuah contoh yang baik adalah e-mail. E-mail tidak hanya melakukan pengiriman surat atau panggilan telepon; ini telah memberikan cara yang sama sekali baru untuk komunikasi. Trnsformasi yang sama dapat dilihat di bagaimana manajer melakukan pertemuan. Sedangkan manajer sekali harus secara fisik berkumpul di lokasi yang sama, mereka sekarang dapat bertemu dalam bentuk konferensi video.a
Faktor yang terlihat
Alasan ketiga untuk kepentingan masyarakat pada komputer etika adalah bahwa komputer dilihat masyarakat sebagai sebuah kotak hitam. Semua operasi internal komputer yang tersembunyi dari pandangan. Operasi internal yang tembus pandang  menyediakan kesempatan untuk nilai-nilai pemrograman yang tak terlihat.

Sumber :  Management Information System oleh Raymond McLeod, Jr., George P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar